PERTANYAAN
1.
Apa yang
Anda ketahui tentang dikotomi?
2.
Siapa tokoh
yang berperan dalam istilah langue dan parole?
3.
Jelaskan
perbedaan antaralangoe dan parole (minimal 3, beserta contoh)!
4.
Siapakah tokoh
yang berperan dalam penggunaan istilah kompetensi dan beformansi?
5.
Bagaimanakah
perbedaan antara kompetensi dan beformansi?
6.
Bagaimanakah
membedakan antara kompetensi dan langoe, serta performansi dan parole?
7.
Jika kompetensi
seseorang bagus, bagaimanakah performansinya? Jelaskan dengan disertai contoh!
8.
Jika kompetensi
seseorang kurang bagus, bagaimanakah performansinya? Jelaskan dengan disertai
contoh!
9.
Siapakah tokoh
yang berperan dalam istilah struktur dalam (deep structure) dan struktur
permukaan (surface structure)!
10. Bagaimana cara
membedakan antara struktur dalam dengan struktur luar? Jelaskan dengan disertai
contoh!
11. Bagaimana
membedakan antara struktur dengan fungsi? Jelaskan dengan disertai contoh!
JAWABAN
1.
Dikotomi adalah
sikap yang menempatkan dua hal yang berbeda dan sangat sulit untuk disatukan.
2.
Konsep
Langue dan Parole dikemukakanoleh Ferdinand de Saussure.
3.
Perbedaan
Langue dan Parole
Langue
|
Parole
|
Produk sosial dari kelompok sosial.
|
Individual,
bervariasi, dan berubah-ubah.
|
Pasif
|
Aktif
|
Abstrak
|
Konkrit
|
Contoh langue : “Joni
belajarbahasa Arab, sementara Taufik belajar bahasa Sunda”
Contoh parole :
“ KalauKiayiAbdWafipidato, bahasanyapenuhdengan kata demikian”
4. Istilah
kompetensi dan performansi mulai popular ketika Chomsky menerbitkan
bukunya yang berjudul Aspects of the Theory of Syntax.
5.
Noam Chomsky membedakan kompetensi dan performansi
yaitu :kompetensi adalah pengetahuan penuturan pendengar mengenai bahasanya.
Sedangkan performansi adalah pelaksanaan berbahasa dalam bentuk menerbitkan kalimat-kalimat
dalam keadaan yang nyata.
6.
Cara membedakan
antara kompetensi dengan langoe adalah system kode yang telah diketahui oleh
semua masyarakat (abstrak), sedangkan kompetensi mengacu pada kemampuan dasar
tentang suatu system yang tidak dapat diamati. Performansi produksi secara
nyata dan dapat diamati, sedangkan parole beroposisi, tetapi sekaligus juga
saling bergantung.
7.
Jika seseorang
mempunyai kompetensi yang baik maka performansinya juga baik. Contoh: anak-anak
yang belajarbahasapertamaataubahasaibu.
8.
Jika seseorang
mempunyai kompetensi yang kurang bagus maka performansinya juga akan kurang
bagus. Contoh: seorang guru yang mengajar jika guru tidak menguasai bahan ajar
maka guru tersebut tidak bias mengajar pada anak muridnya.
9.
Struktur
Dalam dan Struktur Luar juga dikemukakan oleh Noam Chomsky.
10.
Struktur Dalam
disebut juga struktur batin (deep structure, deep grammar, underlying
structure)Struktur yang mendasari kalimat untuk memaknai kata secara tidak
langsung dari unsur kata yang membentuknya, misalnya: Meja kayu Meja kantor
Berstruktur lahir sama, tetapi memiliki Meja kantor menyatakan, Meja kayu
menyatakan, „asal‟makna berbeda „milik‟ .Sedangkan Struktur Permukaan disebut
srtuktur lahir (surface structure)Hubungan gramatikal antara kata-kata dalam
frase atau kalimat yang konkret, misalnya Meja kayu dan Meja kantor mempunyai
struktur lahir yang sama yaitu N+N.
11.
Struktur ialah
organisasi unsure bahasa yang bersifat ekstrinsik, bersifat abstrak, dan
bersifatintuitif; pola bermakna dari unsur bahasa Misalnya kalimat,Pemerintah
melaksanakan kebijakanbaru. S P O Berstruktur Subjek - Predikat - objek.
Sedangkan Fungsi ialah peran unsure bagian kalimat yang lebih luas, misalnya:
Pemerintah melaksanakan kebijakan baru.Berfungsi : Nomina - Verba - Nomina Pemerintah
melaksanakan kebijakan baru.Str: S P O Fung: N V N.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar